lima hal yang tidak boleh dilakukan depan anak



Orangtua adalah contoh bagi anaknya. Apa yang anda lakukan memiliki kemungkinan besar diduplikat oleh anak. Orang tua seharusnya bisa memilah-milah mana saja tindakan yang pantas dilakukan di depan anak. Bukan tidak mungkin perilaku kurang baik yang dilakukan oleh orang tua, suatu saat pun akan dilakukan oleh si anak. Bahkan bisa dikatakan anak merupakan cermin orang tua yang sebenarnya.

Setiap orang tua tentu ingin anak-anaknya memiliki kepribadian yang baik. Namun sayangnya masih ada sebagian orang tua yang belum mengerti bahwa prilaku mereka menjadi contoh buruk bagi anak-anaknya. Tentu anda tidak ingin contoh buruk bagi anak-anak bukan?  inilah lima hal buruk yang sebaiknya tidak anda lakukan di depan anak-anak!

1. Anda tentu tidak ingin bukan bila kelak anak menjadi seorang pembohong ?
 
Sebenarnya berbohong adalah sikap kurang baik yang telah lumrah dilakukan orang dewasa. Namun tentu tak ada orang tua yang ingin anaknya terbiasa berbohong. Oleh karena itu usahakan untuk tidak terbohong di hadapan anak. Bila anda kerap berbohong, anak pun akan beranggapan bahwa berbohong adalah hal kecil yang wajar untuk dilakukan. Tentu tidak ada orang tua yang ingin anaknya menjadi pembohong bukan?

2. Berbicara kasar adalah perilaku buruk yang sama sekali tak patut dicontoh oleh anak

Hindari menggunakan bahasa kasar saat berbicara dengan anak. Bukan tidak mungkin beberapa tahun kemudian dia akan berbalik melakukan hal yang sama pada anda. Ajari anak untuk berkomunikasi dengan bahasa yang baik dan sopan. Berbicara kasar dengan nada yang tidak meyenangkan hanya akan menyakiti perasaan saja.

3. Memukul seseorang di depan anak sama sekali tidak dibolehkan. Ini akan menimbulkan efek yang sangat buruk. Bukankah anak adalah fotokopi sebenarnya dari orang tua ?

Memukul orang di depan anak anda sama sekali bukan contoh yang baik. Anak anda akan terus merekam peristiwa tesebut. Tentu bukan hal yang baik bila anak kemudian meniru tindakan tersebut. Bahkan bisa jadi anak akan mengganggap bahwa memukul orang lain itu bukanlah tindakan yang salah.

4. Berteriak pada orang lain adalah tindakan yang sabaiknya tidak dilakukan di depan anak. Anda tidak hidup di hutan bukan ?

Sebaiknya anda juga tidak boleh berteriak pada orang lain di depan anak anda. Seburuk apapun suasana hati anda, usahakan untuk tetap berbicara dengan intonasi wajar. Tentu sebagai orang tua anda juga tidak ingin bila anak anda memiliki kebiasaan berteriak saat berbicara.

5. Sama sekali tidak lucu ketika anda menjadikan keluarga atau guru anak sebagai bahan candaan! Bila anda ingin anak anda menghormati anda, anda juga harus belajar menghormati orang lain !

Pada awalnya menjadikan keluarga atau guru sebagai objek bercanda tentu akan terasa menyenangkan. Namun jangan salah, hal ini akan menghasilkan masalah serius. Anak akan menggap anda tidak memiliki rasa hormat pada keluarga atau guru di sekolah. Kalau sudah begini, anak pun akan mengikuti jejak anda. Anak tak lagi menganggap penting untuk menghormati keluarga dan guru di sekolah. Bahkan bisa jadi anak pun akan menjadi sulit untuk menghormati anda.

Komentar

Pos populer dari blog ini

Cara memuji anak yang benar